Sabtu, 28 Januari 2012

ROBERT CAPA

RobertCapa by GerdaTaro




Robert Capa

Robert Capa (lahir Endre Ernő Friedmann;22 Oktober 1913 - 25 Mei 1954) adalah seorang fotografer tempur Hungaria dan wartawan foto yang meliput lima perang berbeda: Perang Saudara Spanyol, Perang Sino-Jepang Kedua, Perang Dunia II di Eropa, Perang Arab-Israel 1948, dan Perang Indochina Pertama. Dia mendokumentasikan jalannya Perang Dunia II di London, Afrika Utara, Italia, Pertempuran Normandia di Pantai Omaha dan pembebasan Paris. Tindakan-Nya foto, seperti yang diambil selama invasi Normandia 1944, menggambarkan kekerasan perang dengan dampak unik. Pada tahun 1947, Capa mendirikan Magnum Photos, antara lain, fotografer Perancis Henri Cartier-Bresson. Organisasi ini lembaga koperasi pertama bagi fotografer lepas di seluruh dunia.

Karir

Lahir Friedmann Endre untuk Dezső dan Friedmann Julia pada tanggal 22 Oktober 1913 di Budapest, Hungaria. Memutuskan bahwa ada masa sedikit di bawah rezim di Hungaria, ia meninggalkan rumah pada 18.
Capa awalnya ingin menjadi penulis, namun, ia mendapatkan pekerjaan dalam fotografi di Berlin dan tumbuh untuk mencintai seni. Pada tahun 1933, ia pindah dari Jerman ke Prancis karena bangkitnya Nazisme, tetapi sulit untuk mencari pekerjaan di sana sebagai wartawan lepas. Ia mengadopsi nama "Robert Capa" sekitar waktu ini - sebenarnya "capa" ("hiu") adalah julukannya di sekolah dan juga ia merasa bahwa itu akan dikenali dan Amerika-terdengar karena mirip dengan sutradara bahwa film Frank Capra.
Capa foto pertama dipublikasikan adalah 1932 Leon Trotsky berpidato di Kopenhagen pada "Makna Revolusi Rusia" di. 

Perang Saudara Spanyol dan Ketahanan Cina ke Jepang

Dari tahun 1936 sampai 1939, ia di Spanyol, memotret kengerian Perang Saudara Spanyol, bersama dengan Gerda Taro, pendamping dan mitra profesional fotografi, dan David Seymour.Pada tahun 1938, ia pergi ke kota Cina Hankow, sekarang disebut Wuhan, untuk mendokumentasikan resistensi terhadap invasi Jepang.
Pada tahun 1936, ia menjadi dikenal di seluruh dunia untuk foto (dikenal sebagai foto "Prajurit Jatuh") panjang palsu diduga telah diambil di Cerro Muriano di Front Cordoba dari Partai Buruh Unifikasi Marxis (POUM) milisi yang baru saja ditembak dan dalam tindakan jatuh ke kematiannya. Telah ada kontroversi panjang tentang keaslian foto ini. Seorang sejarawan Spanyol mengidentifikasi prajurit mati sebagai Federico Borrell García, dari Alcoi (Alicante). Identifikasi ini telah diperdebatkan. Pada tahun 2003, surat kabar Spanyol El Periodico mengklaim foto itu diambil di dekat kota Espejo, 10 km dari Cerro Muriano, dan bahwa foto itu dipentaskan. Pada tahun 2009, seorang profesor Spanyol menerbitkan sebuah buku berjudul Shadows Fotografi, di mana ia menunjukkan bahwa foto tidak bisa diambil di mana, kapan, atau bagaimana Capa dan pendukungnya menuduh.
Banyak dari foto Capa tentang Perang Saudara Spanyol itu, selama beberapa dekade, dianggap hilang, tetapi muncul di Mexico City pada akhir 1990-an. Sementara lari Eropa pada tahun 1939, Capa telah kehilangan koleksi, yang dari waktu ke waktu datang untuk menjadi dijuluki yang "koper Meksiko". Kepemilikan koleksi dipindahkan ke Estate Capa, dan pada Desember 2007 telah dipindahkan ke Pusat Fotografi Internasional, sebuah museum didirikan oleh saudara yang lebih muda Cornell Capa di Manhattan. 

World War II

D-Day landings, 6-6-1944
D-Day landings, 6-6-1944

Pada awal Perang Dunia II, Capa berada di New York City. Dia telah pindah ke sana dari Paris untuk mencari pekerjaan baru dan untuk menghindari penganiayaan Nazi. Perang membawa Capa ke berbagai bagian dari Teater Eropa di tugas fotografi. Dia pertama kali difoto untuk Collier's Weekly, sebelum beralih ke Kehidupan setelah ia dipecat oleh mantan. Dia adalah "musuh asing" hanya fotografer untuk Sekutu. Pada tanggal 7 Oktober 1943, Robert Capa berada di Naples dengan reporter Life Will Lang Jr dan difoto pemboman Napoli kantor pos. 
Karyanya yang paling terkenal terjadi pada tanggal 6 Juni 1944 (D-Day) ketika ia berenang ke pantai dengan gelombang serangan kedua pada Pantai Omaha. Dia dipersenjatai dengan dua kamera Contax II dipasang dengan lensa 50 mm dan beberapa rol film cadangan. Capa mengambil 106 gambar dalam beberapa jam pertama invasi. Namun, seorang anggota staf di Hidup di London membuat kesalahan dalam kamar gelap, ia menetapkan pengering terlalu tinggi dan mencair emulsi dalam negatif dalam tiga gulungan lengkap dan lebih dari setengah dari gulungan keempat. Hanya delapan bingkai total ditemukan. Capa tidak pernah mengatakan sebuah kata untuk kepala biro London tentang hilangnya tiga setengah gulungan film pendaratan nya D-Day.
Meskipun asisten lab lima belas tahun bernama Dennis Bank bertanggung jawab atas kecelakaan, account lain, kini sebagian besar diterima sebagai benar tetapi yang diperoleh mata uang luas, menyalahkan Larry Burrows, yang bekerja di laboratorium bukan sebagai seorang teknisi tetapi sebagai teh " -anak ".majalah Life dicetak beberapa frame pada tahun 1944 edisi 19 Juni dengan keterangan yang menggambarkan rekaman sebagai" sedikit keluar dari "fokus, menjelaskan bahwa tangan Capa itu gemetar dalam kegembiraan saat itu (sesuatu yang ia ditolak). Capa menggunakan ungkapan ini sebagai judul akun otobiografi tentang perang, Sedikit Out of Focus.
Pada tahun 1947 Capa pergi ke Uni Soviet dengan temannya, penulis John Steinbeck. Dia mengambil foto di Moskow, Kiev, Tbilisi, Batumi dan di antara reruntuhan Stalingrad. Para reportase lucu Steinbeck, A Journal Rusia, digambarkan dengan foto Capa's. Ia pertama kali diterbitkan pada tahun 1948.
Pada tahun 1947, Capa mendirikan usaha koperasi Magnum Photos dengan Henri Cartier-Bresson, William Vandivert, David Seymour, dan George Rodger. Pada 1951, ia menjadi presiden.
Capa tur Israel setelah didirikan, dan disertakan foto-foto berlimpah untuk sebuah buku di negara baru yang ditulis oleh Irwin Shaw, Laporan Israel.

Perang Indochina Pertama dan kematian

Pada awal tahun 1950, Capa pergi ke Jepang untuk sebuah pameran yang berkaitan dengan Magnum Photos. Sementara di sana, majalah Life memintanya untuk pergi pada tugas ke Asia Tenggara, di mana Perancis telah berjuang selama delapan tahun di Perang Indochina Pertama. Meskipun dia telah bersumpah untuk tidak foto perang lagi beberapa tahun sebelumnya, Capa diterima dan disertai sebuah resimen Perancis dengan dua wartawan Time-Life lainnya, John Mecklin dan Jim Lucas. Pada tanggal 25 Mei 1954 di 14:55, resimen itu melewati daerah berbahaya di bawah api ketika Capa memutuskan untuk meninggalkan Jeep dan pergi jalan untuk memajukan foto. Sekitar lima menit kemudian, Mecklin dan Lucas mendengar ledakan; Capa telah menginjak sebuah ranjau darat. Ketika mereka tiba di tempat kejadian, dia masih hidup, tetapi kaki kirinya telah hancur berkeping-keping, dan dia memiliki luka serius di dadanya. Mecklin menyerukan Capa medis dan dibawa ke rumah sakit lapangan kecil di mana ia dinyatakan meninggal pada saat kedatangan. Dia meninggal dengan kamera di tangannya.

Kehidupan Pribadi

Pada tahun 1934 "André Friedman", karena ia menyebut dirinya pada waktu itu, bertemu Gerda Pohorylle, seorang pengungsi Yahudi Jerman. Pasangan ini tinggal di Paris di mana André mengajar fotografi Gerda. Bersama-sama mereka dibikin nama dan citra "Robert Capa" sebagai fotografer Amerika yang terkenal. Gerda mengambil nama Gerda Taro, menjadi sukses dalam haknya sendiri. Dia bepergian dengan Capa ke Spanyol pada tahun 1936 dengan tujuan untuk mendokumentasikan Perang Saudara Spanyol. Pada Juli 1937 Capa pergi dalam perjalanan bisnis singkat ke Paris, sementara Gerda tetap di Madrid. Dia dibunuh dekat Brunete selama pertempuran. Capa, yang dilaporkan bertunangan dengan dia, sangat terkejut dan tidak pernah menikah.
Pada Februari 1943 Capa Elaine bertemu Justin, istri muda yang cantik dari aktor John Justin. Mereka langsung jatuh cinta dan hubungan berlangsung sampai akhir perang, meskipun Capa menghabiskan sebagian besar waktunya di garis depan. Capa penuh kasih disebut Elaine berambut merah "Pinky," dan asmara mereka menjadi topik memoar perangnya, Sedikit Out of Focus. Pada tahun 1945, Elaine putus dengan Capa dan menikah dengan temannya, Chuck Romine.
Beberapa bulan kemudian Capa menjadi kekasih aktris Ingrid Bergman, yang sedang dalam perjalanan di Eropa pada saat itu tentara Amerika menghibur. Pada bulan Desember 1945, Capa mengikutinya ke Hollywood, di mana ia bekerja untuk American International Pictures untuk waktu yang singkat. Bergman mencoba membujuk dia untuk menikahinya, tapi Capa tidak ingin tinggal di Hollywood. Hubungan ini berakhir pada musim panas 1946 ketika Capa bepergian ke Turki.

Warisan

Capa saudara muda, Cornell Capa, juga fotografer, bekerja untuk melestarikan dan mempromosikan warisan Robert serta mengembangkan identitasnya sendiri dan gaya.
Dalam rangka melestarikan warisan fotografi dan fotografer lainnya Capa, Cornell mendirikan Dana Internasional untuk Peduli Fotografi pada tahun 1966. Untuk memberikan koleksi ini rumah permanen ia mendirikan Pusat Fotografi Internasional di New York City pada tahun 1974.
Overseas Press Club menciptakan penghargaan di menghormatinya, Robert Capa Gold Medal. Hal ini diberikan setiap tahun kepada fotografer yang memberikan "pelaporan terbaik fotografi diterbitkan dari luar negeri, membutuhkan keberanian luar biasa dan perusahaan".
Capa dikenal untuk mendefinisikan kembali foto jurnalistik perang. Karyanya harfiah berasal dari parit yang bertentangan dengan perspektif yang lebih panjang senjata yang preseden sebelumnya. Ia terkenal karena berkata, "Jika gambar Anda tidak cukup baik, Anda tidak cukup dekat."
Capa dikreditkan dengan coining Generasi X. istilah Ia digunakan sebagai judul untuk esai-foto tentang laki-laki dan perempuan muda tumbuh segera setelah Perang Dunia Kedua. Proyek ini pertama kali muncul di Picture Post (Inggris) dan Holiday (AS) pada tahun 1953. Menjelaskan niatnya, Capa mengatakan, "Kami bernama generasi ini tidak diketahui, Generasi X, dan bahkan dalam antusiasme pertama kami kami menyadari bahwa kami memiliki sesuatu yang jauh lebih besar daripada bakat kita dan kantong bisa mengatasi."
Pada tahun 1995, ribuan negatif untuk foto-foto yang Capa mengambil selama Perang Saudara Spanyol ditemukan dalam tiga koper diwariskan kepada pembuat film Kota Meksiko dari bibinya. Pada tahun 1939, setelah melarikan diri Capa Eropa Amerika selama Perang Dunia II, negatif ini tertinggal dalam kamar gelap Paris dan mereka dianggap hilang selama invasi Nazi di Paris. Tidak diketahui bagaimana negatif pergi ke Meksiko, tapi rupanya Capa meminta manajer kamar gelap, seorang fotografer Hungaria Imre Weisz, untuk menyelamatkan negatif selama tahun 1939 dan 1940. Jerald R Green, seorang profesor di Queens College, diberitahu oleh surat dari pembuat-film Meksiko tentang penemuan ini. Pada bulan Januari 2008, negatif dipindahkan ke real Capa, tapi pembuat film-Meksiko telah meminta untuk tetap anonim.
Pusat Internasional Fotografi menyelenggarakan pameran keliling berjudul This Is War: Robert Capa di Tempat Kerja, yang reexamines inovasi Capa sebagai jurnalis foto di tahun 1930-an dan 1940-an dengan vintage cetakan, lembaran kontak, lembar keterangan, pengamatan tulisan tangan, surat pribadi dan layout majalah asli dari Perang Saudara Spanyol, Perang Sino-Jepang Kedua dan Perang Dunia II. Pameran telah dipajang di Galeri Seni Barbican dan Pusat Internasional Fotografi Milan dan dipajang di Museu Nacional d'Art de Catalunya sampai dengan 27 September 2009. Kemudian pindah ke Nederlands Fotomuseum 10 Oktober 2009 sampai 10 Januari 2010.

Politik

Sebagai seorang remaja, Capa tertarik pada Munkakör (Pekerjaan Circle), sekelompok seniman avant-garde sosialis dan, fotografer, dan intelektual berpusat di sekitar Budapest dan ia adalah seorang peserta biasa dalam demonstrasi melawan rezim represif Miklós Horthy. Pada tahun 1931, tepat sebelum foto pertama akan diterbitkan, Capa ditangkap oleh polisi rahasia Hongaria, dipukuli, dan dipenjara selama aktivitas radikal politiknya, istri seorang pejabat polisi-yang terjadi untuk mengetahui keluarganya-won rilis Capa di kondisi yang ia meninggalkan Hungaria segera. 
Review Boston digambarkan Capa sebagai "kiri, dan demokrat-ia penuh semangat pro-Loyalis dan penuh semangat anti-fasis ..." Selama Perang Saudara Spanyol Capa bepergian dengan dan memotret Partai Buruh Unifikasi Marxis (POUM), di mana George Orwell dilayani, yang mengakibatkan fotonya paling terkenal.
Majalah Inggris Gambar Post berlari foto-foto dari Spanyol disertai dengan potret Capa, di profil, dengan penjelasan sederhana:  "Dia adalah seorang demokrat bergairah, dan ia hidup untuk mengambil foto."

The Falling Soldier



Capa,_Death_of_a_Loyalist_Soldier


Prajurit Jatuh terkenal adalah foto yang diambil oleh Robert Capa, dipahami telah diambil pada tanggal 5 September 1936 dan lama berpikir untuk menggambarkan kematian seorang Republikan, khususnya Federasi Iberia dari Libertarian Pemuda (FIJL) prajurit selama Perang Saudara Spanyol, yang kemudian diidentifikasi sebagai anarkis Federico Borrell García. Judul lengkap dari foto itu adalah Loyalis milisi di Moment of Death, Cerro Muriano, 5 September 1936.
Ada tuduhan falangist dari awal bahwa gambar itu sengaja, tetapi di luar Spanyol foto itu diyakini gambar dokumenter benar sampai tahun 1970-an.
Penelitian terbaru memang menunjukkan bahwa gambar itu sengaja. Itu jelas tidak diambil di lokasi pertempuran Cerro Muriano, tetapi pada Espejo, sekitar tiga puluh mil jauhnya. Keraguan juga telah dilemparkan pada identifikasi subjek foto's:. Borrell Federico García diketahui telah tewas di Cerro Muriano , ditembak ketika berlindung di balik pohon, dan telah terungkap bahwa ia tidak sangat mirip dengan subjek foto.

Sejarah

Prajurit Jatuh dianggap menangkap saat kematian seorang tentara Republik. Dia ambruk ke belakang telah ditembak. Ia mengenakan pakaian sipil tampak tetapi mengenakan sabuk kartrid kulit, dan senapan nya menyelinap keluar dari tangan kanannya. Foto yang diambil pada hari sebelumnya muncul untuk menunjukkan milisi bersama rekan-rekannya di Alcoiana Columna melambaikan senjata dan ucapan fotografer (s).
foto Capa tentang milisi Loyalis di Cerro Muriano, termasuk dua gambar anggota milisi menembak fatal, pertama kali diterbitkan dalam, 23 September 1936 isu VU majalah Perancis. Gambar ditembak di lokasi yang sama juga diterbitkan, hari kemudian, di majalah Salam. Di Amerika Serikat The Falling Soldier telah direproduksi pertama dalam Kehidupan dan kemudian kali sangat banyak. Hal ini telah menjadi simbol dari Perang Saudara Spanyol dan merupakan salah satu foto-foto perang paling terkenal sepanjang masa.

Sementara beberapa penulis, seperti penulis biografi Capa Richard Whelan, selalu membela keaslian foto's, sejak tahun 1975 keraguan telah diajukan. 2007 dokumenter La sombra klaim gunung es del bahwa gambar itu sengaja dan yang Borrell tidak individu dalam gambar.
Pada tahun 2009 bukunya Sombras de la Fotografía ("Bayangan Fotografi") José Manuel Susperregui dari University of País Vasco menyimpulkan bahwa foto belum diambil di Cerro Muriano, padahal sebenarnya telah diambil di lokasi lain sekitar 35 mil (56 km ) jauhnya. Susperregui menentukan lokasi sebenarnya dari foto dengan meneliti latar belakang foto lain dari urutan yang sama dengan "Falling Soldier", di mana berbagai pegunungan dapat dilihat. Dia kemudian e-mail foto ke pustakawan dan sejarawan di kota-kota dekat Córdoba, menanyakan apakah mereka mengakui lanskap, dan mendapat respon positif dari masyarakat disebut Espejo.
Sejak Espejo sudah agak jauh dari garis pertempuran ketika Capa ada di sana, Susperregui mengatakan bahwa ini berarti bahwa "Falling Soldier" foto dipentaskan, seperti juga semua yang lain dalam seri yang sama seharusnya diambil di bagian depan.
surat kabar Spanyol, termasuk surat kabar Barcelona El Periódico de Catalunya dikirim wartawan untuk Espejo yang kembali dengan foto-foto yang menunjukkan pertandingan hampir sempurna antara langit hari ini dan latar belakang foto-foto Capa's.
Willis E. tanduk rusa, direktur Pusat Internasional Fotografi, menegaskan kebenaran foto itu, menunjukkan bahwa milisi itu telah dibunuh oleh tembakan penembak jitu dari jarak jauh saat berpose untuk foto bertahap. Susperregui diberhentikan saran, menunjukkan bahwa garis depan terlalu luas dipisahkan dan bahwa tidak ada bukti dokumenter tentang kerja dengan penembak jitu di bagian depan Córdoba.
Susperregui menunjukkan kontradiksi lain dalam rekening diterima foto dalam bukunya, mencatat bahwa Capa disebutkan dalam wawancara bahwa milisi itu telah dibunuh oleh ledakan api senapan mesin daripada peluru penembak jitu, dan juga bahwa ia memberikan account yang sangat berbeda dari sudut pandang dan teknik yang digunakan untuk mendapatkan foto.
Di satu sisi, temuan ini juga membebaskan Capa. Sebelum penemuan terbaru pada topik, beberapa penulis bahkan menyatakan bahwa Capa mungkin telah bertanggung jawab atas kematian milisi sebagai milisi itu tampaknya berpose untuk Capa ketika ia ditembak -. Mungkin oleh penembak jitu
Richard Whelan dalam "This Is Perang Robert Capa at Work!" Menyatakan:
Gambar, yang dikenal sebagai Kematian milisi Loyalis atau hanya The Falling Soldier, telah menjadi hampir secara universal diakui sebagai salah satu perang terbesar yang pernah dibuat foto. Foto juga telah menghasilkan banyak kontroversi. Dalam beberapa tahun terakhir, telah diduga bahwa adegan Capa dipentaskan, tuduhan yang telah memaksa saya untuk melakukan sejumlah penelitian yang fantastis selama dua dekade. Saya telah bergumul dengan dilema tentang bagaimana untuk menangani dengan foto yang satu percaya akan asli tetapi seseorang tidak dapat mengetahui dengan kepastian yang mutlak untuk menjadi dokumentasi jujur. Ini bukan foto seorang pria berpura-pura telah ditembak, atau gambar yang dibuat selama apa yang kita biasanya akan mempertimbangkan panas pertempuran.
-Richard Whelan dalam "This Is Perang Robert Capa! Di tempat kerja".
bahan Selanjutnya, film-film lama berisi gambar oleh Capa, Gerda Taro dan David Seymour, datang ke cahaya di awal 2009, ketika sebuah kehilangan 'koper', berisi ratusan negatif Capa itu digali, yang telah dibawa ke Meksiko pada akhir perang. Film ini sekarang dengan arsip Capa di Institute of Contemporary Fotografi di New York. The 'koper' adalah kotak-kotak karton sebenarnya tiga dari negatif.
Harapan untuk menemukan yang hilang negatif dari gambar Capa paling terkenal segera berlari, tetapi pameran keliling dari ratusan gambar yang melakukan tur galeri seni besar di tahun 2008 menunjukkan gambar yang diambil pada lokasi yang sama dan pada waktu yang sama. Suatu analisis rinci tentang lanskap dalam rangkaian gambar yang diambil dengan prajurit jatuh telah membuktikan bahwa tindakan (apakah asli atau bertahap) terjadi di dekat Espejo.
Banyak foto dalam acara ini adalah jelas bertahap dan berpose, termasuk gambar terkenal baik oleh Capa dan Taro dari perang saudara Spanyol. Orang yang jatuh adalah bagian dari rangkaian rusak gambar dan dalam pameran, yang kelima dalam urutan tujuh tembakan. gambar lainnya dari urutan yang hilang. Gambar enam dan tujuh adalah seorang prajurit kedua 'jatuh', yang bukan orang terkenal nomor menembak lima. Ini adalah kesamaan mencolok antara gambar yang sama 5,6, dan 7 dua yang diterbitkan pada halaman yang sama menyebar VU awal, yang selalu telah menyebabkan beberapa penelitian menyimpulkan bahwa orang-orang jatuh adalah korban perang dan sekarang memungkinkan orang lain untuk menyimpulkan bahwa semua gambar dalam seri ini diadakan oleh Capa. Ini dibuat untuk propaganda berhasil untuk penyebab Republik, tetapi juga furthered karir muda Capa's.


Sumber :
www.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar